Posted by : Unknown Selasa, 19 Januari 2016

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bismillahirrohmaanirrohiim, pada pagi ini saya akan membawa anda para pembaca untuk sedikit merenung tentang hari akhir yang akan kita alami setelah kita menghembuskan napas terakhir, sudah lah jangan berlete-lete kita langsung saja ke materi.. Selamat Membaca .......

Iman Kepada Hari Akhir

Hari Akhir menurut bahasa artinya "Hari Penghabisan" ini gterdapat pada surat Al - Baqarah ayat 177, atau juga dapat disebut "Hari Pembalasan", sedangkan menurut istilah yaitu hari mulai hancurnya alam semesta berikut isinya dan berakhirnya kehidupan semua makhluk Allah SWT.

Menurut Al-Qur'an hari akhir dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Kiamat Sugra (Kecil) (Al-Imran ayat 185) yaitu suatu peristiwa datangnya kematian pada setiap makhluk,     pada kiamat ini terdapat Alam Barzakh (QS. Ar-Rum ayat 55-56) yaitu suatu alam yang menjadi batas         antara alam dunia dan akhirat.
2. Kiamat Kubra (Besar) (At-Takwir ayat 1-3) yaitu suatu peristiwa berakhirnya seluruh makhluk hidup dan     hancur leburnya alam semesta secara serentak.

Periode Hari Akhir 
1. Yaumul Ba'ats (Hari Kebangkitan) yaitu dibangkitkannya seluruh makhluk dari alam         kubur ini terdapat pada Surat Al - Mujadalah Ayat 6
2. Yaumul Hasyr yaitu berkumpulnya manusia setelah dibangkitkan dari kuburnya masing-     masing berkumpul di Padang Mahsyar (Al-Kahfi ayat 47)
3. Yaumul Hisab, yaitu memperlihatkan semua amalan untuk dihisab (An-Nur ayat 24)
4. Yaumul Mizan, yaitu Timbangan yang adil berisi kebajikan dan kejahatan yang                 dilakukan manusia (An-Anbiya ayat 47)
5. As-Sirat yaitu Jembatan terbentang diatas neraka menuju syurga
6. Yaumul Jaza yaitu semua manusia menerima balasan dari Allah SWT (Al-Mukmin ayat     17)

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir
1. Muncul rasa benci terhadap kemaksiatan dan kebejatan moral
2. Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmin
3. Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan kepada Allah SWT
4. Senantiasa termotivasi untuk beramal baik dengan Ikhlas
5. Senantiasa menghindari niat-niat yang buruk
6. Menjauhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkhiaskan 

Nah, seperti itu sedikit materi mengenai Iman Kepada Hari Akhir, semoga bermanfaat dan berkah, dan yang paling penting jangan lupa share ya..!  :) 

Wassalamu'alaaikum Wr.Wb

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Berkah Aamiin - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -