Posted by : Tatang Suhamdeni Rabu, 21 Oktober 2015





Livia Amanda
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu mengenai macam-macam radio yang saya jelaskan dalam bentuk pembahasan dari saran teman saya, selamat membaca dan memahami....



Pembahasan dari Saran pada Gambar diatas :
1.      Maksud dari skema tersebut adalah seperti kita ketahui bahwa gelombang suara kita tidak dapat mencapai jarak yang jauh, meskipun tenaganya sudah cukup besar , sedangkan gelombang radiodengan tenaga yang relatif kecil dapat mencapai jarak ribuan kilometer. Agar suara kita dapat mencapai jarak yang jauh, maka suara kita ditumpangkan pada gelombang radio hasil dari pembangkit getaran radio, yang disebut gelombang pembawa atau carrier dan gelombang pembawa tadi akan mengantarkan suara kita ke tempat yang jauh. Di tempat jauh tadi gelombang radio yang terpancar diterima oleh antena lawan bicara kita. Oleh antenanya gelombang radio tadi yang berupa gelombang elektromagnetik di ubah menjadi getaran listrik dan masuk ke receiver pesawat lawan bicara kita kemudian dibuang getaran carriernya dan getaran suara kita di tampung kemudian dimunculkan melalui speaker.

2.      Radio AM merupakan suatu pemancar yang memanfaatkan teknik modulasi analog yaitu Amplitude Modulation (AM) untuk mentransmisikan sinyal informasi. Sinyal yang termodulasi AM akan diterima oleh Antena kemudian dilakukan pemilihan sinyal yang diinginkan dari semua sinyal yang diterima antena, sinyal yang dipisahkan tersebut kemudian diperkuat sampai pada suatu tingkat yang dapat digunakan. Proses selanjutnya adalah demodulasi sinyal radio yaitu proses pemisahan sinyal informasi dari sinyal carrier/pembawa yang dilakukan di demodulator AM atau detector AM, setelah dilakukannya pemisahan dan penguatan sinyal, kemudia sinyal dikeluarkan dalam bentuk speaker.

3.      Amplitude Modulation (AM) merupakan modulasi analog linier karena frekuensi sinyal pembawa tetap/konstan.besarnya amplitudo sinyal informasi mempengaruhi besarnya frekuensi sinyal pembawa. Parameter sinyal yang mengalami perubahan adlah amplitudonya, amplitudo sinyal pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan amplitudo sinyal informasi. Rentang frekuensi AM adalah 500 Hz – 1.600 KHz dan panjang gelombang/amplitudonya 1600 KHz – 30.000 KHz, jika direntangkan dengan satuan meter , jangkauan sinyal AM bisa mencapai puluhan ribu kilometer, ini membuktikan bahwa Radio AM jangkauannya lebih jauh dari Radio FM.

4.      Untuk menggunakan radio internet langkah-langkahnya yaitu Pertama anda harus mendownload pemutar musiknya terlebih dahulu.
Setelah download selesai silahkan install. Caranya
                        1.   Buka file download tadi dengan cara double klik.
2.   Klik next sampai selesai                                         
3. Buka browsermu, kemudian ketikka url radio streaming yang akan kamu
                dengarkan.

5.       Saat PTT HT Ditekan ( ia akan memancar pada Freq A ) Bag RX repeater (frequency :A) menerima informasi dari radio HT tsb, maka bag rx aktif, dan COR akan langsung menggerakkan bag transmit (TX ) yang secara bersamaan informasi yang  diterima tsb dipancarkan kembali oleh bagian TX ( B). dan pancaran tsb dapat diterima oleh HT lain dilapangan pada Frekwensi receive HT ( B )
Demikian pula saat HT lain mengudara untuk menjawab atau memanggil prosedur tsb kembali berulang

Repeater pada umumnya diletakkan disuatu tempat ketinggian ,antennanyapun ditinggikan lagi yang biasanya diletakkan diatas tower sehingga jangkauan pancaran akan lebih jauh.
Semakin tinggi letak repeater, maka akan lebih jauh pula daya jelajahnya.
Seringnya repeater diletakkan disuatu lokasi yang  tinggi misalnya di puncak Gunung, atau Bukit , Antennanya pun  di instalasikan ditower yang cukup tinggi.

Memperkirakan jarak jangkau repeater, secara sangat sederhana adalah dengan melihat area dari lokasi tsb dengan mata kita, bila yang terlihat sangat luas, maka hampir dapat dipastikan, sejauh mata kita memandang, sampai sanalah  area yang dapat dicover oleh repeater itu, ( Line Of Sight ) Mengingat keterbatasan daya pandang, dapat saja coveragenya lebih jauh dari pandangan kita.
Peformance sebuah repeater dipengaruhi pula oleh ,daya pancar repeater, sensitivitas, serta sel;ektivitas dari repeater itu sendiri.
Untuk meningkatkan  kekuatan pancaran, selain meletakkan repeater pada tempat yang tinggi, maka  digunakan pula Antenna dengan penguatan ( gain ) yang besar.

6.      Kelebihan dan kelemahan am dan fm
Am
Fm
Jangkauan lebih jauh
Jangkauan lebih pendek
Biaya murah
Biaya mahal
Suara jeleg
Suara bagus
Tejadi Fading
Tidak terjadi gangguan pada gelombang,
Bandwith lebih kecil
Bandwith lebih besar

7.      Perbandingan antara AM dengan FM
HAL
AM
FM
Asal
Metode transmisi Audio AM pertama kali berhasil dilakukan pada tahun 1870-an pertengahan.
FM radio dikembangkan di negara-negara Amerika , terutama oleh Edwin Amstrong pada 1930-an
Perbedaan Modulasi
Pada AM, gelombang radio yang dikenal sebagai  “pembawa”  atau “gelombang pembawa”  dimodulasi pada amplitudonya oleh sinyal yang akan ditransmisikan
Pada FM , gelombang radio yang dikenal sebagai  “pembawa”  atau “gelombang pembawa”  dimodulasi pada  frekuensinya oleh sinyal yang akan ditransmisikan
Noise
Rentan terhadap noise karena  jangkauan sinyal AM  terlalu luas sehingga dapat mudah terganggu oleh gangguan atmosfir.
Lebih tahan noise daripada AM, karena  Jangkuan sinyal FM lebih rendah daripada sinyal AM sehingga relatif bebas dari gangguan baik atmosfir maupun interferensi yang tidak diharapkan.
Bandwith
Bandwidth yang sempit  membatasi kualitas suara yang dapat dipancarkan, sehingga kualitas suara yang dihasilkan kurang baik.
Saluran siaran FM memiliki  lebar pita yang lebih banyak dari saluran siaran AM, sehingga kualitas suara yang dihasilkan lebih baik dari AM.
Fidelitas
Rendah
Tinggi
Rentang
AM radio berkisar 535-1705 kilohertz dengan kecepatan transmisi 1200 bits per detik
FM radio berkisar dalam spektrum yang lebih tinggi 88-108 Megahertz dengan kecepatan transmisi 1200-2400 bits per detik
Frekuensi
Menggunakan  MF-HF
Menggunakan  VHF-UHF
8.      Jenis modulasi ini mampu memanjakan pendengar siaran karena menghasilkan suara yang lebih bening. Selain itu, ia dapat diterima dengan pola mono atau stereo. Maksudnya, jika radio penerima kita hanya bisa menerima siaran mode mono, maka ia menampilkan suara mono. Sedang radio penerima tipe stereo punya pilihan untuk menampilkan suara mono atau stereo beneran (real stereo) sesuai dengan yang dipancarkan oleh stasiun radio siaran.
9.      Skema Radio Internet
        
10. Sejarah radio adalah sejarah teknologi yang menghasilkan peralatan radio yang menggunakan gelombang radio. Awalnya sinyal pada siaran radio ditransmisikan melalui gelombang data yang kontinyu baik melalui modulasi amplitudo (AM), maupun modulasi frekuensi (FM). Metode pengiriman sinyal seperti ini disebut analog. Selanjutnya, seiring perkembangan teknologi ditemukanlah internet, dan sinyal digital yang kemudian mengubah cara transmisi sinyal radio.

Nah seperti itulah pembahasan dari saran yang telah diberikan teman saya terhadap presentasi yang kami lakukan sebelumnya, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan berkah. aamiin  
 
Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Berkah Aamiin - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -